Seperti kita ketahui, ada beberapa tahapan proses rekrutmen ketika kamu melamar pekerjaan. Proses pertama yang harus kamu lalui adalah lolos screening Curriculum Vitae (CV). Meskipun terkesan sepele, namun CV adalah pintu utama untuk menuju proses atau tahap selanjutnya.

 

Masih banyak pelamar pekerjaan yang membuat kesalahan-kesalahan di dalam CV. Padahal jika mereka membuat CV dengan baik dan benar, maka akan membawa para pelamar ini ke dalam proses rekrutmen berikutnya. 

Ketika membuat CV, kamu perlu memilah informasi yang perlu dicantumkan di dalam CV. Tidak ada batasan mengenai jumlah lembaran CV, namun sebaiknya buatlah CV tidak lebih dari dua lembar. Hal ini menghindari informasi yang terlalu banyak di dalam CV sehingga membuat HRD kurang tertarik dengan CV yang telah kamu buat. 

Selain itu, perhatikan pula design yang kamu pakai di dalam CV. Pilih design yang simple namun menarik. Kamu tidak perlu menggunakan berbagai macam jenis huruf atau warna yang terlalu mencolok. Sesuaikan design CV dengan posisi yang kamu lamar dan gunakan jenis huruf yang mudah dibaca. 

Yang sangat perlu kamu cantumkan adalah kontak yang bisa dihubungi. Jadi, pastikan kamu mencantumkan e-mail aktif, nomor handphone yang bisa dihubungi melalui telepon, SMS, ataupun Whatsapp. Mengapa demikian? karena HRD biasanya untuk proses lebih lanjut, HRD akan menghubungimu dari berbagai media.

Tuliskan semua informasi dengan jujur, sesuai dengan fakta. Jangan pernah mencantumkan kemampuan yang sebenarnya tidak kamu miliki di dalam CV. Hal ini akan berpengaruh ketika kamu bekerja di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, sebelum kamu melamar pekerjaan, pastikan kamu sudah membaca kualifikasi yang sedang dibutuhkan di perusahaan tersebut. 

Micro Madani Institute (MMI) memiliki dua posisi lowongan kerja khusus untuk perempuan yang baru lulus SMA. Apa saja persyaratannya? Kamu bisa akses website MMI https://www.micromadaniinstitute.com/joinus. Selamat mencoba!

By |2022-01-23T08:25:42+00:00January 23, 2022|Blog|0 Comments
Go to Top